Minggu, 06 Desember 2015

Pengertian dan Jenis-Jenis Parenting

Parenting adalah upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dalam keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri.Parenting sebagai proses interaksi berkelanjutan antara orang tua dan anak-anak mereka yang meliputi aktivitas-aktivitas sebagai berikut : memberi makan (nourishing),memberi petunjuk (guiding), dan melindungi (protecting) anak-anak ketika mereka tumbuh berkembang.Penggunaan kata "parenting" untuk aktivitas-aktivitas orang tua dan anak di sini karena memang sampai saat ini belum ada padanan kata dalam bahasa Indonesia yang tepat.
Keluarga sebagai unit sosial terkecil di masyarakat yang terbentuk atas dasar komitmen untuk mewujudkan fungsi keluarga khususnya fungsi sosial dan fungsi pendidikan , harus benar- benar dioptimalkan sebagai mitra lembaga PAUD.Oleh karena itu melalui program parenting sebagai wadah komunikasi antar orang tua, disamping untuk memberikan sosialisasi terhadap program-program yang diselenggarakan oleh lembaga PAUD, secara umum tujuan program parenting, adalah mengajak para orang tua untuk bersama-sama memberikan yang terbaik untuk anak-anak mereka.Sedangkan secara khusus tujuan pengembangan program parenting adalah : 

1.Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam melaksanakan perawatan, pengasuhan, dan pendidikan anak di dalam keluarga sendiri dengan landasan dasar-dasar karakter yang baik.
2.Mempertemukan kepentingan dan keinginan antara pihak keluarga dan pihak sekolah guna mensikronkan keduanya sehingga pendidikan karakter yang dikembangkan di lembaga PAUD dapat ditindak lanjuti di lingkungan keluarga 
3.Menghubungkan antara program sekolah dengan program rumah.

Lembaga PAUD yang memiliki program-program kelembagaan dan pembelajaran kadangkala bertentangan atau tidak selaras dengan kebiasaan-kebiasaan yang terjadi di lingkungan keluarga.Dengan program parenting ini akan terjadi keselarasan dan keterkaitan, kerjasama yang saling mendukung, saling menguatkan.

Tahapan pembentukan program parenting antara lain yaitu : 
1. Melakukan identifikasi kebutuhan orang tua 
Setiap orang tua memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda terhadap anak-anaknya yang menjadi peserta didik dilembaga PAUD.Ada orang tua yang ingin anak-anaknya bisa cepat membaca, ada orang tua yang ingin anak-anaknya lebih mandiri, ada orang tua yang ingin anka-anaknya pandai menyanyi dan menari dan lain-lain.Oleh karena itu perlu dilakukan identifikasi kebutuhan orang tua yang beragam tersebut sehingga dapat dikembangkan dan dituangkan dalam kurikulum lembaga PAUD 

2.Membentuk kepanitiaan parenting yang melibatkan komite sekolah 
Kepanitiaan dalam program parenting di bentuk dengan melibatkan komite sekolah sehingga program parenting yang akan dikembangkan betul-betul dapat menjembatani kebutuhan orang tua dan kebutuhan sekolah/lembaga PAUD.Panitia program parenting dibentuk dengan susunan yang jelas sebagaimana bagan sebuah organisasi.Dalam bagan tersebut sebagaimana kelengkapan sebuah organisasi diantaranya ada ketua, sekertaris, bendahara, dan seksi-seksi seperti seksi pendidikan dan pengajaran, seksi perlengkapan dan sarana, seksi dana, seksi-seksi ini berkembang sesuai kebutuhan organisasi.

3.Membuat job deskripsi masing-masing bagian 
Setelah susunan kepanitiaan untuk program parenting dengan struktur organisasi yang jelas sudah terbentuk selanjutnya masing-masing bagian menyusun job deskripsi atau rencana tugas di masing-masing bagian dan seksi yang ada.

4.Menyusun program 
Perangkat organisasi yang terbentuk selanjutnya bekerja dibawah komando Ketua program Parenting untuk menyusun program yang akan dilaksanakan, siapa pelaksananya, siapa narasumbernya, berapa anggarannya.

5.Menyusun jadwal kegiatan 
Disamping menyusun program, juga menyusun jadwal pelaksanaan kegiatan secara rinci dan jelas, waktu dan tempat, jumlah pertemuan dan sebagainya.

6.Mengidentifikasi potensi dan mitra pendukung 
Dengan pengembangan program parenting perlu dijalin kemitraan dengan individu seperti pejabat, tokoh masyarakat, kalangan profesional misalnya dokter dan petugas kesehatan, ahli gizi, praktisi PAUD dan institusi baik pemerintah maupun swasta seperti puskesmas, dinas kesehatan, dinas pendidikan, posyandu, dan sebagainya.

7.Melaksanakan program sesuai dengan agenda
Program dan jadwan kegiatan selanjutnya acuan dalam pelaksanaan di lapangan.Apabila terjadi agenda kegiatan perlu juga dipersiapkan alternatif pelaksanaannya bila terjadi hambatan di lapangan.

Jenis-jenis Program Parenting yang dapat dilaksanakan dalam kegiatan lembaga PAUD :
1. Parents Gathering 
Adalah pertemuan orang dengan pihak lembaga PAUD yang difasilitasi oleh panitia parenting guna membicarakan tentang program-program lembaga PAUD dalam hubungannya dengan bimbingan dan pengasuhan anak di keluarga dalam rangka menumbuhkembangkan anak secara optimal.Materi dalam pertemuan dapat berbagai hal tentang kebutuhan tumbuh-kembang anak, misalnya : tentang gizi dan makanan, kesehatan, pendidikan karakter, penyakit pada anak dan sebagainya.

2.Foundation Class
Adalah pembelajaran bersama anka dengan orang tua di awal masuk sekolah dalam rangka orientasi dan pengenalan kegiatan disekolah.Dilaksanakan pada minggu-minggu pertama anak-ana masuk sekolah di tahun baru. 

3.Seminar 
Adalah kegiatan dalam rangka program parenting , yang dapat dilaksanakan dalam bentuk seminar.Misalnya dengan mengundang tokoh atau praktisi PAUD yang kompeten, pakar dongeng, psikolog dan lain-lain.

4.Hari Konsultasi 
Adalah hari konsultasi untuk orang tua yang dapat disediakan atau dibuka oleh lembaga PAUD.Jumlah hari yang disediakan sesuai dengan tinggi rendahnya kasus atau jumlah orang tua yang melakukan konsultasi.

5.Cooking on the Spot 
Adalah kegiatan anak-anak belajar memasak, menyajikan makanan dengan bimbingan guru atau bersama orang tua.



Sumber dan referensi :
Pedoman Pendidikaan Karakternpada Pendidikan Anak Usia Dini,Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini,Ditjen PAUDNI,Kemendiknas.2011

Pedoman Penyelenggaraan PAUD Berbasis Keluarga,Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini,Ditjen PAUDNI,Kemendiknas.2011

www.pendidikankarakter.com.Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan 2011

7 komentar:

  1. halo, saya sedang melakukan penelitian tentang parenting, mohon bila berkenan bantu isi kuesioner berikut http://goo.gl/forms/gnRW7S1tCBPTNtkC2
    terima kasih

    BalasHapus
  2. halo, saya sedang melakukan penelitian tentang parenting, mohon bila berkenan bantu isi kuesioner berikut http://goo.gl/forms/gnRW7S1tCBPTNtkC2
    terima kasih

    BalasHapus
  3. Tulisannya cukup bagus, tapi sayang tidak dilengkapi dengan pendapat para ahli

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah tulisan sdh cukup bagus ntuk pedoman pendidikan karakter paud

    BalasHapus
  5. Ngomongin tentang kebutuhan anak emang ga ada abisnya hahahhaa..
    kita sebagai orang tua emang harus pinter2 ngatur duit, apalagi kalo udah sampe mikirin biaya pendidikan, pusiiiiiiing
    Sharing aja, gw juga buat perencanaan biaya pendidikan, kali aja bisa jadi acuan teman2 semua!
    cara mempersiapkan biaya pendidikan anak

    BalasHapus
  6. Bagaimana untuk dapat kasih pengertian kepada anak yg pendiam dsntetutup (klau ada apa " tdk mau bercerita kepada orang tua) bisa kasih contoh bagaimana contohnya.. Kita harus bagaimana.. Untuk bisa anak itu mau terbuka kepada setiap permasalahan yg sedang di hadapi nya.

    BalasHapus